VISAO MISAO OBJECTIVO HAKSESUK BOLA FH KKN HOME FH LPV ARTIGOS FH MUZIKA LIA MENON FH RESPONDE
Bloku Unidade Popular Associação Popular Monarquia Timorense Kmanek Haburas Unidade Nasional Timor Oan Partido Esperança da Pátria Partido Socialista de Timor Partido Desenvolvimento Popular Congresso Nacional para a Reconstrução de Timor-Leste Partido Republicano União Democrática Timorense Partido Democrata Cristão Partidu Movimento Libertasaun Povu Maubere Partidu Libertasaun Popular Partido Democratico União Nacional Democrática de Resistência Timorense Partido Unidade Desenvolvimento Democrático Partido Timorense Democratico Frenti-Mudança Partido Social Democrata Centro Ação Social Democrata Timorense Partido do Desenvolvimento Nacional Frente Revolucionaria de Timor-Leste Independente
“O povo de Timor-Leste está reconstruindo com o seu próprio suor, com o seu próprio sangue uma pátria revolucionaria democrática, uma terra livre para gente livre”.

7 Dezembru 1975
Invazaun Militar Indonesia nian ba Timor-Leste
TIMOR-LESTE


Interview with
Fernando Lasama de Araujo: On the road to democracy, where the streets have no name

 
 
   

sábado, 31 de janeiro de 2009

PENGEN JADI SEORANG AHLI IT PROFESIONAL?

João Olívio Freitas *

Saya sangat yakin bahwa kebanyakan dari anda yang membaca tulisan ini tidak akan mengerti maksud dari gambar berikut ini, namun tidak demikian dengan seorang ahli IT. Hanya dengan memperhatikan gambar ini, dia akan menjelaskan kepada anda bagaimana hubungan komunikasi bisa terjadi antara semua komponen yang terdapat dalam sistem ini (gambar), penentuan dan pemilihan perangkat keras serta perangkat lunak yang akan digunakan dalam perancangan sistem, cara perancangan sistem tersebut hingga terbentuknya hubungan komunikasi yang diinginkan.
.

Bila Main Office berada di Darwin (Australia) dan Very Remote Office berada di Baucau (TL) serta Business Partners berada di Jakarta (Indonesia), bagaimana caranya supaya bisa terjalin hubungan komunikasi yang terus-menerus dan real time antara ketiga kantor tersebut? Seorang ahli IT akan dengan mudah menjawab pertanyaan ini dan dapat membuktikan kepada anda semua bahwa hubungan komunikasi jenis ini bisa di rancang.

Tahukah anda berapa besar gaji/honor yang akan di terima ahli IT tersebut bila berhasil membangun sistem di atas?

Timor Leste merupakan salah satu negara termuda di dunia dan karena ‘kemudaannya’ itu, maka ia harus berusaha untuk membangun dan mengembangkan dirinya agar bisa menjadi negara yang tidak bergantung pada negara lain. Tentu saja usaha untuk membangun dan mengembangkan Timor Leste bukan hanya tanggung jawab kelompok tertentu, namun semua pribadi yang berada di bawah payung Timor Leste berkewajiban untuk menyumbangkan miliknya demi pembangunan Timor Leste di mana pembangunan itu sendiri melingkupi banyak hal dan tidak hanya semata-mata pada kehidupan politik.

Salah satu bidang utama yang sangat perlu untuk dikembangkan dan ditingkatkan penggunaannya demi peningkatan mutu pelayanan negara dan kehidupan masyarakat Timor Leste adalah Information and Communication Technology (ICT). Tapi apakah Timor Leste sudah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan cukup untuk menangani bidang ini? Inilah salah satu kenyataan ‘negatif’ yang harus dihadapi dan diperangi secara bersama-sama.

Kebanyakan dari kawula muda Timor Leste memang tertarik dengan dunia ICT, khususnya dunia komputer (jaringan komunikasi komputer), namun terkendala dengan keterbatasan atau tidak tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti lembaga pelatihan khusus untuk jaringan komunikasi komputer, serta tingginya biaya yang diperlukan bila hendak mengikuti pelatihan semacam ini di tempat lain (luar negeri). Adakah cara untuk men-tackle masalah ini? Pasti akan selalu ada jalan lain menuju Roma, asalkan sebagai Timor Oan kita bersedia untuk saling berbagi!

Saya mengusulkan kepada para kawula muda Timor Leste yang tertarik dengan dunia jaringan komunikasi komputer, untuk terjun ke dunia ICT dan benar-benar menekuninya dengan sepenuh hati, kenapa?

Timor Leste masih dalam tahap pembangunan. Tentu saja akan bermunculan pusat-pusat perkantoran, perbelanjaan dan perusahaan di Timor Leste. Baik itu perkantoran, pusat perbelanjaan dan perusahaan dalam melaksanakan kegiatan kesehariannya, akan selalu di dukung oleh suatu sistem komunikasi/komputerisasi. Sistem ini hanya bisa di bangun oleh pribadi-pribadi yang telah benar-benar mengerti sistem tersebut agar kelanjutan dari sistem tersebut bisa di jamin dan keamanannya reliable. Tentu saja pekerjaan pribadi-pribadi tersebut akan ‘dihargai’ dengan sangat tinggi.

Bila anda benar-benar tertarik dengan dunia ICT, khususnya jaringan komputer, di sini saya lampirkan beberapa website yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda:

1. http://www.cisco.com/
2. http://www.ciscopress.com/
3. http://www.sadikhov.com/
4. http://itexam.blogspot.com/
5. http://www.informit.com/

Website-website di atas hanyalah beberapa dari sekian ribu website yang membahas jaringan komunikasi komputer dan dunia ICT yang bertebaran di dunia maya (internet). Telusurilah dunia maya dengan rajin dan pasti anda akan menemukan lagi website lain.

Selain browsing semua website yang telah saya sebutkan di atas, ada juga beberapa buku yang perlu bahkan wajib anda miliki, seperti:

1. Cisco Voice Over Frame Relay
2. Cisco Router Configuration
3. IP Routing Primer
4. IP Routing Fundamentals
5. CCNA Portable Command Guide Second Edition
6. Catalyst 2960 Switch Software Configuration
7. Learning by Doing: Cisco Certified Network Administrator (CCNA)
8. Cisco Press At-A-Glance Fall 2007
9. 2008 Must Haves
10. Cisco a Beginner Guide
11. CCNA 3: Switching Basics and Intermediate Routing v3.1.1

Semua buku yang disebutkan di atas telah dipaketkan dan di upload ke internet untuk anda. Klik di link ini untuk mengambilnya: http://rapidshare.com/files/14416573/ccnaccda.rar.html Setelah muncul tampilannya, silakan klik Free User dan kemudian klik icon download yang muncul setelah waktu perhitungan mundur selesai. Selain buku-buku ini, tentu saja masih ada buku-buku lain yang dapat dijadikan sebagai referensi dan untuk mendapatkannya, anda mesti rajin browsing di internet atau beli di toko buku terdekat.

Selain buku dan website yang telah saya siapkan sebagai referensi bagi anda, saya sertakan juga software simulator (Packet Tracer 4.11 dari CISCO) yang dapat digunakan untuk mencoba semua hal yang telah anda baca. Software simulator ini dapat di download di:

1. http://rapidshare.com/files/41258841/PacketTracer_setup.part1.rar
2. http://rapidshare.com/files/41261971/PacketTracer_setup.part2.rar

Ada beberapa program sertifikasi penting yang mesti di ambil bila anda benar-benar pengen jadi seorang ahli IT profesional yang diakui secara global, seperti CISCO CERTIFIED NETWORK ADMINISTRATOR (CCNA) dari CISCO. Sertifikasi ini merupakan sertifikasi awal yang harus anda miliki bila hendak mengikuti program sertifikasi yang ‘lebih tinggi’ lagi dari CISCO seperti CCNP, CCIE dan lainnya. Sertifikasi ini berstandar internasional. Program sertifikasi (CCNA) ini terdiri dari 4 level (CCNA 1, CCNA 2, CCNA 3 dan CCNA 4) dan saya baru saja merampungkan CCNA level ke-3. Susah banget loh! Nga percaya? Buktiin aja sendiri! Gwa yakin kalo elo bakalan nangis, soalnya semua modul ujian dalam Bahasa Inggris coy!

Bila anda hendak mengambil program sertifikasi ini, persiapkan diri anda sebaik mungkin sebab program sertifikasi ini mengabungkan kemampuan penalaran (teoritis) dan lab (praktek). Kemungkinan untuk lulus (dan memperoleh sertifikat) adalah 50% jika anda hanya mengutamakan lab. Jumlah ujian/exam yang harus anda ikuti adalah sebanyak 4. Biaya yang perlu anda siapkan adalah sekitar USD 800-an (untuk wilayah Jakarta-Indonesia dan tentu saja akan menjadi lebih mahal lagi jika anda belajar di negara lain). Biaya di atas sudah termasuk biaya pelatihan (hands-on lab) selama 10 hari (atau 3 bulan atau 6 bulan) serta ujian untuk memperoleh sertifikat yang berstandar internasional. Harganya memang mahal, namun saya yakin bahwa anda tidak akan merugi setelah mengikuti program sertifikasi tersebut.

By the way, pernahkah anda mengalami masalah kehilangan file atau data penting di komputer anda? Kali ini saya sertakan pula satu software tambahan untuk file recovery plus YahooMessenger_9 (buat chatting online). Download, instal dan jalankan software file recovery di komputer anda untuk me-recover kembali semua file atau data yang telah hilang karena di delete dengan tidak sengaja beberapa minggu/bulan yang lalu, hard disk komputer terformat secara tidak sengaja atau karena virus. Software ini dapat anda download di http://rapidshare.com/files/172406967/File_Recovery_Joao_Olivio.rar.html Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sama dengan cara ketika anda mendownload buku dan software simulator. Semuanya saya bagi secara gratis dengan anda demi sebuah nama, yaitu Timor Leste!

By the way, bila anda telah mempelajari, mengerti dan memahami apa yang telah saya bagi dengan anda dalam tulisan ini, walaupun masih dalam taraf sebagai seorang pemula, satu saja permintaan dariku: kenanglah aku dengan membagi ilmu yang telah anda peroleh itu dengan sesama Timor Oan yang membutuhkan.

Bila anda membutuhkan asistensi saat menjalankan software simulator Packet Tracer 4.11, silakan menghubungi saya (telpon atau email-an aja yah, jangan sms-an soalnya gwa kudu ngirit). Namun harap di ingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan, anda harus berusaha dengan sesungguh hati sebab tanpa kesungguhan, semua yang anda mimpikan hanyalah tetap sebuah mimpi. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Bersatu dalam segala keragaman dan perbedaan, mari kita membangun serta meningkatkan kualitas SDM Timor Leste ke arah yang lebih baik dan mumpuni guna membangun Timor Leste menjadi negara yang makmur dan disegani. Tanpa persatuan dan kerja sama yang kuat, Timor Leste akan tetap terpuruk (untuk selamanya).

Fo liman ba malu, hari’i unidade no nunka husik individu/grupo ida atu hafahe, haketak no manipula ita ba individu/grupo ne’e ninia intensaun (privado). Fo suporta ba individu/grupo nebe mak iha duni hakarak atu servi ba Rai Doben Timor Lorosae laos ba individu/grupo nebe mak nafatin buka atu straga no sobu rahun Timor Lorosae.

Kmanek Festa Natal 2008 no Ksolok Tinan Foun 2009 ba imi hotu, maluk Timor Oan. Maromak no Kosok Oan Jesus sei nafatin hamutuk ho ita hotu.

Sekian dan semoga bermanfaat.

* Mahasiswa semester akhir
Fakultas Teknik/Elektro – Telekomunikasi
Unika Atma Jaya Jakarta – Indonesia
+6285280501123
olivio_joao@yahoo.com

Sem comentários:

Enviar um comentário

Nota: só um membro deste blogue pode publicar um comentário.