VISAO MISAO OBJECTIVO HAKSESUK BOLA FH KKN HOME FH LPV ARTIGOS FH MUZIKA LIA MENON FH RESPONDE

20080207

Fundu Petroleum (Dana Perminyakan) Timor Leste dan Permasalahannya

Husi Timoteo Pires*

Apa itu fundu petroleum/petroleum fund? atau yang dalam bahasa indonesia terjemahan bebas berarti dana perminyakan. dilihat dari sebutan namanya tentu sebagai warga negara Timor Leste banyak kalangan telah sering mendengarkan yaitu dana atau uang yang diperoleh dari hasil olahan minyak bumi di laut Timor untuk saat ini, yang mungkin suatu saat bisa berasal dari daratan negara ini. sebagai sebuah negara tentunya Timor leste membutuhkan dana sebagai anggaran dalam perencanaan pembagunaan oleh sebab itu maka hasil olahan yang didapat ditampung pada satu tempat guna sebagai cadangan dan devisa negara.
Fundu Petroleum adalah aset rakyat oleh sebab itu pemerintah dan para wakil rakyat dari gedung parlamen nasional sepakat untuk menyimpangnya diluar negeri sebagi dana investasi asing dengan tujuan untuk menambah pendapatan atas investasi dari dana ini, saat ini berdasarkan kesepakatan bersama antar menteri perencanaan dan keuangan Timor leste dengan Banking and payment authority (BPA) sebagai organ independen yang merupakan embrio bank sentral Timor Leste kedepan diberi tugas sesuai dengan mandat perundangan organik fundu petroleum no 13.3 yang mana menyebutukan bahwa BPA dipilih untuk menjalankan operasional manajement dana perminyakan tersebut.
Sayangnya masyarakat awam masih tidak terlalu mengerti kenapa uang rakyat tersebut ditaruh dliluar negeri. Untuk saat ini dana tersebut disimpang di negara Amerika Serikat, alasan fundamental pemilihan Amerika serikat sebagai tempat menginvestasikan uang rakyat ini karena, nilai uang Amerika serikat relatif stabil secara ekonomi sehingga secara ekonomis pula nilai uang kita tidak mudah fluktuatif. okey sebuah alasan sederhana tapi rasional, yang kedua di Amerika Uang rakyat ini di simpang dimana? inilah yang paling banyak orang tidak mengerti, banyak orang mengira uang ini di simpang di bank dan setiap bulan dapat bunga semacam bunga deposito pada bank lazimnya, tetapi sebenarnya uang rakyat ini disimpang atau dalam istilah ekonomi di investasikan di pasar keuangan Amerika (debt financial market). yang berarti uang rakyat ini diperjual belikan di pasar keuangan bukan di bank komersial Amerika.
Sedikit tentang Treasury Market
Setelah sedikit mendengar tentang pasar keuangan,maka perlu kiranya diberitahukan kepada publik seperti apa instrumen pasar keuangan di Amerika itu? dipasar keuangan atau kadang dinamakan dengan pasar modal disana akan bertemu para penjual dan pembeli makanya disebut pasar tetapi mereka bukan menjual barang mereka menjual produk surat berharga dalam surat berharga itu tercantum nominal dari nilai uang yang dimiliki makanya para dealer (pedagan surat berharga) berusaha mempertemukan investor yang kelebihan dana dengan investor yang membutuhkan dana. Pemerintah Amerika juga aktif menghimpung dana dari pasar modal ini guna memperoleh dana tambahan buat anggaran negaranya, juga melalui pasar modal pemerintah Amerika mencoba mempengaruhi pasar keuangan dengan politik suku bunga. pemerintah amerika dalam mengeluarkan atau menerbitkan surat berharga yang bertujuan menghimpung dana masyarakat menggunakan tiga jenis terbitan surat berharga yaitu T-bills yang jangka waktu berlakunya selama setahun, T-notes yang jangka waktu berlakunya surat berharga ini sampai dngan sepuluh tahun, dan yang terahir T-bonds yaitu surat berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika yang masa berlakunya sampai dengan tiga puluh tahun. jika investor membeli surat berharga ini maka pemerintah Amerika berjanji untuk membayar bunga sesuai dengan perjanjian, dan pada saat jatuh tempo akan mengembalikan modal plus dengan bunga pinjaman.
Setelah sedikit penjelasan di atas, maka sekarang penulis menarik pembaca kedalam alur investasi yang dijalankan oleh Fundu petroleum yang dilakukan di Amerika melalui pasar modal. Fundu petroleum dalam memeilih investasinya memilih investasi yang memeliki peringkat kepailitan nihil atau perusahaan yang kuat dengan tujuan investasi kita terjamin pengembalian bunga dan modalnya. dana dari Fundu petroleum telah di investasikan semuanya pada T-notes yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika sendiri sehingga yang menjadi penjamin dana ini adalah pemerinta Amerika serikat sehingga alasan gagal bayar sangat sulit terjadi kecuali Amerika hancur dari dunia ini.
Adapun kelebihan dan kekurangan investasi di Treasury
Kelebihannya antara lain jaminan pembayaran bunga dan modal sesuai dengan jadwal yang disepakati sebab yang menjamin adalah U.S government bukan perusahaan jadi investor tidak ada kekawatiran jika menginvestasikan dananya di Treasury. kelemahannya adalah jika dibandingkan dengan investasi di instrumen investasi yang lain maka keuntungan yang diperoleh dari pendapatan Treasury adalah lebih rendah dari instrument finansial yang lain seperti investasi di stock market.
Dalam pasar keuangan atau pasar modal berlaku prinsip semakin besar keuntungan yang diharapkan maka semakin besar resiko yang akan dihadapi, jadi tergantung pemilihan investasi. contoh sederhana dapat di gambarkan semisal anda seorang pemodal yang kemudian dianggap sebagai investor, yang seterusnya ingin menanamkan modalnya kedalam suatu usaha tertentu banyak pilihan yang dapat anda lakukakan. Pertama uang modal anda di investasikan dalam bentuk simpanan tabungan maupun simpanan deposito pada bank dengan bunga 12% pertahun, kedua anda pemodal punya pilihan untuk menginvestasikan melalui pemilikan saham atas perusahaan tertentu yang berarti anda pemodal sebagi pemilik perusahaan yang anda beli saham-sahamnya dengan keuntungan yang lebih tinggi karena anda pemodal akan memperoleh deviden atau bunga modal dari investasi anda, ketiga anda pemodal dapat memilih memberi pinjaman kepada investor yang kekurangan modal melalui mekanisme perjanjian bersama dengan ketentuan bahwa setiap bulan atau tiga bulan atau enam bulan investor yang meminjam uang anda akan bersedia membayar bunga uang anda plus modal hingga saat jatuh tempo.tentunya pembayaran ini disesuaikan dengan bunga pinjaman yang telah disepakati bersama. misalnya bunganya 4.5% pertahun. Selanjutnya bagaimana dengan resiko investasi-investasi tersebut, jika memilih menyimpang dibank maka uang anda akan memperoleh bunga tetap atas jumlah uang anda tanpa ada perubahan dari nilai uang anda dengan demikian resikonya sangat kecil karena keuntungannyapun sangat kecil belum lagi jika bank pilihan investasi anda mengalami kebangkrutan maka anda akan semaking mengalami kerugian , jika anda pemodal memilih untuk membeli saham maka keuntungan yang didapat tergantung usaha yang nada masuki semakin besar perusahaan anda maka pendapatan yang diperolehpun akan besar namun ketika perusahaan yang anda beli sahamnya mengalami kebangkrutan maka modal anda akan hilang tanpa pengembalian, kemudian jika anda memberi pinjaman kepada institusi perusahaan atau pemerintah maka anda akan memperoleh bunga atas pinjaman anda dengan jaminan bahwa jika terjadi kebangkrutan usaha yang anda danai maka anda pemberi modal akan diprioritaskan terlebih dahulu untuk di bayar oleh perusahaan yang anda danai tetapi jika yang meminjam adalah pemerintah suatu Negara maka kemungkinan kecil akan terjadi gagal bayar.

Seperti telah diutarakan terlebih dahulu Fundu Petroleum saat ini sedang diinvestasikan di U.S Treasury market yang berarti pula uang kita sedang kita pinjamkan kepada Pemerintah Amerika dan setiap periode tertentu mereka akan membayarnya.

Fundu Petroleum adalah dana rakyat oleh sebab itu masyarakat perlu tau sedikit mengenalnya.

*Analista social i politika, Hela iha Dili, Timor-Leste!
e-mail: likuidu@yahoo.com

- Nota: Forum Haksesuk (FH) simu artigo ne´e husi hakerek nain haruka mai email FH nian (fhaksesuk@gmail.com)
- Tuir mai cita hakerek autor nian ba FH: (… ) ”Ho Respeitu. Loron kmanek ba redasaun forum haksesuk, por favor hatu'un hela hau nian artikel nee iha forum haksesuk. Obrigado ba ita boot sira nia kooperasaun". Husi Timóteo Pereira alias Thymus Calisubun.

4 comentários:

  1. APA SIH SEBENARNYA, PERMASALAHAN DARI ARTIKEL INI?
    MASIH KELIHATAN BURAM, SOALNYA DARI AWAL TEKS HINGGA AKHIR, ITU TDK ADA PERMASALAHAN YG DISEBUT DALAM KAJIAN INI. BAHKAN KITA SEBAGAI PEMBACA MERASA BINGUNG UNTUK MANAFSIR MAKNA DARI TULISAN INI.
    YA SIH, EMANG ADA....TAPI RASANYA LEBIH COCOK DIBILANG CERITA KETIMBANG TULISAN/ARTIKEL...APALAGI GAK ADA PARAFGRAF AWAL ATAU AKHIR,..

    SORRY, BUKANYA NGJAR TAPI INI CUMA PENDAPAT AKU,....

    KONKLUSI DARI ARTIKEL INI JUGA GAK ADA.

    TL

    ResponderEliminar
  2. saudara Timoteo,

    sekali lagi perhatikan masalah pengejaan bahasa indonesia dan tata bahasanya,bukannya apa2... tetapi kesalahan penulisan kata akan mengubah makna kalimat secara menyeluruh dari sesuatu yg seharusnya bermutu dan serius menjadi jenaka dan konyol........

    "Menyimpan dan Menyimpang " adalah dua hal yg sangat berbeda secara mendasar.Dan apa yg anda lakukan sekarang ini adlh "menyimpang " atau penyimpangan....heheheheeee...

    Dari beberapa kali penggunaan kata tersebut dlm tulisan anda ini, jelas bhw anda memang tidak memahami arti kata tsb.

    ...se sente ba mak ladiak duni entao hakerek ho tetum deit para ita hotu cumpriende, ne diak liu tan do que halo ajneiras ho lingua indonesia ne mak orsida ema beik ida hanesan alkatiri mos hatun ita ho liafuan sarjana supermi ne.......

    Dan untuk TL anda juga kalo mau ngoreksi orang itu boleh2 saja tetapi hati2 jugalah, soalnya yg namanya "Manafsir " dlm bhs indonesia itu gak pernah ada tetapi yg ada adalah "Menafsir "........

    cheers

    ResponderEliminar
  3. Maaf mencoba mengritisi sedikit dari isi tulisan. Sebenarnya dengan kondisi USA sekarang ini yang tidak terlampau sehat dan di ujung krisis (ya USA saat ini sedang menuju krisis ekonomi) nilai dari USD telah mengalami penurunan yang lumayan tajam dibandingkan dengan mata uang negara lain misalnya EURO.

    Untuk saat ini mungkin nilai simpanan anda tidak sebanding nilainya dengan nilai uang USD di tahun 2001.

    Mungkin masih teringat dengan pepatah lama tentang jangan menyimpan telur di keranjang yang sama ;)

    ResponderEliminar

Nota: só um membro deste blogue pode publicar um comentário.