VISAO MISAO OBJECTIVO HAKSESUK BOLA FH KKN HOME FH LPV ARTIGOS FH MUZIKA LIA MENON FH RESPONDE

20080915

MEMBANGUN “WARNET” DENGAN INVESTASI KECIL


João Olivio Freitas*

Ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dengan sesama anda, khususnya kaum muda Timor Leste? “Bangunlah ‘warnet’ (warung internet)!”

Apakah jawaban tersebut kedengaran aneh? Benar, namun itulah yang diperlukan. Dengan mengacu pada keadaan bangsa kita sekarang, khususnya di bidang pendidikan formal, di mana buku-buku yang diperlukan oleh para siswa dan mahasiswa masih sangat minim, solusi tambahan yang sangat diperlukan adalah penyediaan fasilitas internet yakni dengan membangun warnet.

Dengan adanya warnet, kehausan akan ilmu dan pengetahuan yang tidak diperoleh para siswa dan mahasiswa di sekolah dan universitas dapat dengan segera dipenuhi.

Contoh praktis: untuk menjadi seorang web designer, saya tidak harus mengikuti kursus atau pelatihan yang ditawarkan oleh pusat-pusat pelatihan (soalnya kemahalan, he...he...), namun hanya dengan menggunakan internet saya bisa belajar menjadi web designer bahkan bisa dikatakan menjadi web designer yang handal. Nga percaya? Lain kali aja gue buktiin ya, soalnya gue lagi rancang website pribadi gue. Setelah masuk ke web hosting akan gue kabarin kalian semua deh, jadi bersabarlah (promosi nih ye!!!).

By the way, kita lanjut lagi dengan topik kita yuk.

Tentu saja tidak semua orang akan menyetujui pernyataan di atas dengan memperhatikan dan memikirkan kondisi keuangan beserta jumlah investasi yang akan dikeluarkan untuk membangun sebuah warnet.

Dalam tulisan ini, saya akan memberikan satu trik sederhana yang dapat dipergunakan oleh para pencinta kaum muda Timor Leste (TL), sehingga memungkinkan mereka untuk membangun sebuah warnet dalam usaha membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia TL.

Pernahkah anda berpikir bahwa satu CPU (Central Processing Unit – salah satu bagian yang bersama dengan komponen-komponen lain membentuk satu set komputer yang terdiri dari CPU, monitor, keyboard dan mouse) dapat diakses dan digunakan secara bersama oleh lebih dari satu user untuk tujuan yang berbeda dan dalam suatu waktu yang bersamaan? Dengan trik ini pula, dapat memungkinkan satu line internet diakses oleh lebih dari satu user dalam waktu yang bersamaan, hemat dan irit kan?







Coda deh perhatikan gambar berikut.

Copy right owned by www.thinsoftinc.com

Mari kita mulai! Bila anda berencana untuk membangun sebuah warnet dengan menggunakan lima (5) set komputer, dan seandainya satu set komputer seharga USD 350, maka total budget yang diperlukan untuk membeli ke-lima set komputer tersebut adalah sebesar USD 350 x 5 = USD 1750.

Harga tersebut kemahalan nga? Pasti donk, apalagi buat kita-kita yang modalnya pas-pasan dan kebanyakan bermodal otak. Namun janganlah bersedih hati karena bila anda mengunakan trik yang akan saya paparkan di sini, maka biaya tersebut bisa di tekan, lebih dari setengahnya loh!

Perlu di ingat bahwa, biaya penyewaan line telepon untuk layanan internet saya tidak akan membahasnya di sini karena harga sewa line tergantung pada besarnya kapasitas (bandwidth) yang anda minta dan peraturan penyedia layanan internet yang beroperasi di tempat anda. Selain itu, saya juga menganggap bahwa anda telah mengerti dan mengetahui dengan benar semua jenis komponen komputer, khususnya pada CPU, beserta cara melakukan penginstallan komponen baru beserta driver-nya, seperti VGA card dan lain sebagainya.

Bila saya hendak membangun sebuah warnet dengan menggunakan lima (5) set komputer maka hal yang akan saya lakukan pertama kali adalah hanya membeli satu (1) set komputer (yang terdiri dari 1 CPU, 1 monitor, 1 keyboard dan 1 mouse), misalkan dengan harga USD 350, dengan syarat motherboard pada CPU tersebut masih memiliki slot PCI sisa yang belum terpakai, misalkan empat (4) slot PCI yang masih tersisa.

Nah, apakah hanya dengan satu set komputer ini bisa melayani lima (5) user seperti rencana semula?


Saya akan menunjukkan kepada anda bahwa itu bisa. Yang akan saya perbuat adalah membeli:


1. Empat monitor tambahan ( dengan total biaya kira-kira USD 300).
2. Empat kartu VGA PCI tambahan (dengan total biaya kira-kira USD 100).
3. Empat keyboard USB dari vendor yang berbeda (dengan total biaya kira-kira USD 40).
4. Empat mouse USB dari vendor yang berbeda (dengan total biaya kira-kira USD 30), dan
5. Satu USB Hub (dengan harga kira-kira USD 15 - akan lebih baik jika hub tersebut memiliki port yang banyak).

Setelah semuanya telah tersedia, proses selanjutnya adalah:


1. Membuka casing CPU dengan melepaskan baut-bautnya.

2. Melakukan penginstallan keempat kartu VGA tersebut, baik itu hardware dan software-nya.
3. Setelah proses penginstallan dan konfigurasi keempat kartu VGA tambahan tersebut berhasil dan telah berjalan dengan baik (buktinya bila anda menghubungkan ke-empat monitor tambahan pada kartu VGA yang baru saja di install pada komputer host, maka akan muncul tampilan/gambar yang sama seperti pada komputer host di ke-empat monitor tambahan tersebut), maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan/menginstall keempat keyboard dan mouse yang telah disediakan pada port USB hub yang ada.

Setelah semua komponen telah terinstall pada CPU, maka:


1. Install software: BeTwin 2000/XP (bila anda menggunakan OS Windows XP atau 2000) pada komputer host.


Ingat: Software BeTwin 2000/XP, untuk versi demo-nya, dapat di-download dari situs: http://www.thinsoftinc.com/, sedangkan untuk full version-nya dapat dibeli dengan harga sebesar USD 100 dari Singapore (lumayan mahal, he…he…).


2. Jalankan software BeTwin 2000/XP pada komputer host untuk melakukan konfigurasi terhadap komponen-komponen yang telah terinstall pada CPU tersebut guna menetapkan pasangan dari keyboard, mouse dan monitor yang akan digunakan oleh tiap user (ingat: ada dua pilihan konfigurasi, Manual dan otomatis, menggunakan wizard. Untuk praktis dan gampangnya silakan pilih yang menggunakan wizard).


3. Langkah selanjutnya adalah konfigurasi user yang akan menggunakan sistem tersebut pada komputer host agar tiap user dapat memiliki nama dan tampilan yang unik dan berbeda dari user yang lain.


4. Bila proses konfigurasi user telah selesai maka cobalah log on ke sistem dengan menggunakan nama-nama user yang telah dikonfigurasi melalui empat BeTwin station tambahan yang baru saja di konfigur (4 keyboard yang berbeda beserta monitor dan mouse yang telah menjadi pasangannya). Bila keempat station tersebut dapat log on ke sistem maka pekerjaan anda telah berhasil.


5. Agar satu line internet dapat di akses oleh kelima user dalam sistem tersebut secara bersamaan, hubungkan telephone line yang telah anda sewa ke CPU dengan syarat anda telah melakukan konfigurasi untuk memberikan hak akses internet kepada tiap user melalui software BeTwin 2000/XP pada komputer host.

Bila anda telah berhasil melalui proses-proses di atas, maka anda akan mengerti bahwa untuk membangun sebuah warnet tidak diperlukan investasi yang besar. Satu line internet dapat di akses secara bersamaan oleh lebih dari satu user atau anda dapat menyewa satu CPU yang telah di rancang dengan empat BeTwin station untuk rental pengetikan. Dengan cara ini anda bisa memperoleh pemasukan tambahan, dari pada nongkrong-nongkrong nga karuan di jalanan…

Trik di atas tidak hanya digunakan untuk pembangunan sebuah warnet namun juga dapat diaplikasikan pada semua laboratorium komputer yang dimiliki oleh setiap sekolahan di Timor Leste agar dapat menghemat budget untuk pembelian komputer dan pembayaran biaya listrik. Andaikan satu CPU di sekolahan anda di rancang untuk tiga user, berapa user yang akan dilayani oleh 10 CPU? Anda nga harus beli 30 set komputer baru untuk 30 siswa, kan?Soalnya mahal tau…!!!

Coba deh trik yang satu ini. Dijamin bisa dan akan sangat berguna untuk bangsa kita yang nota bene-nya masih sangat miskin. Orang miskin itu harus hemat kan, bener nga?

Perlu di ingat bahwa dalam tulisan ini langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan konfigurasi sistem tidak di bahas dengan rinci. Untuk lebih menambah wawasan dan pengetahuan anda silakan kunjungi situs: www.thinsoftinc.com serta download manual yang telah disediakan pada situs tersebut untuk digunakan sebagai acuan.

Catatan: Bila anda membutuhkan bantuan dan asistensi atau mau ngasih proyek, he..he.., silakan kirim email ke saya. Thanks yah.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Viva Timor Lorosae. Hamutuk iha hari’i ita nia rai doben Timor Lorosae

* Mahasiswa semester akhir
Unika Atma Jaya Jakarta – Indonesia
Fakultas Teknik/Elektro – Telekomunikasi
+ 62 852 8050 1123
olivio_joao@yahoo.com

Sem comentários:

Enviar um comentário

Nota: só um membro deste blogue pode publicar um comentário.