VISAO MISAO OBJECTIVO HAKSESUK BOLA FH KKN HOME FH LPV ARTIGOS FH MUZIKA LIA MENON FH RESPONDE

20200608

Catatan Singkat Kado Ulang Tahun PD ke 19; Saatnya Pembenahan Institusi, Struktural dan Strategi Politik

 Parabens PD 
Tahun ini menjadi tahun "kebingungan politik" yang memberikan pelajaran politik yang berharga bagi bangsa dan negara Timor-Leste. Mengapa "kebingungan politik", sebab bangsa ini diombang-ambingkan dengan perseteruan politik yang tak berujung. Disatu pihak menyatakan bahwa perseteruan ini telah selesai dengan masih eksisnya kabinet pemerintahan VIII dengan landasan pijak pada pakta kesepahaman antara partai Fretilin dan PLP yang pada akhirnya juga menarik partai Khunto. Sementara dilain pihak perseteruan ini masih berlanjut secara politik, meskipun Tribunal Rekursus telah menjatuhkan putusan "administratif" dan "politis".

Dalam situasi "kebingungan politik" yang dipertontonkan kepada rakyat, Partai Demokrat (PD) juga diseret ke dalam perseteruan ini. Dengan berpegang pada prinsip PD ba Estado dan Maubere Oan Prontu Serví justru berkontribusi pada "kebingungan politik" di internal partai, yang pada akhirnya berimbas pada keputusan politik yang melemahkan posisi partai.

Secara internal, partai ini memiliki banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diperhatikan dengan serius dan membutuhkan penyelesaian secara konsisten dan bertahap. 

Ada beberapa persoalan mendasar yang harus diselesaikan sesegera mungkin dalam waktu jangka pendek ini, menjelang pilpres 2022 dan pileg 2023.

Beberapa pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai kado buat PD pada ulang tahun ke 19 ini adalah:

1. Pembenahan institusi, dengan fokus pada manajemen administrasi dan keanggotaan, manajemen aset dan keuangan serta alat kelengkapan partai.

2. Pembenahan struktural dari tingkat nasional hingga level basis guna memudahkan mesin-mesin partai bekerja lebih maksimal dan bertanggung jawab. Pembenahan struktur ini dilakukan melalui konsolidasi yang dilakukan secara matang, terencana, terstruktur dan terukur.

3. Membangun strategi politik baru yang menjawab kebutuhan dan keinginan partai, bukan kebutuhan ataupun keinginan orang perorang/individu. Untuk itu perlu dibangun kembali strategi komunikasi intensif vertikal dan horisontal secara internal maupun eksternal. Membangun strategi politik baru yaitu dengan menyatukan pusaka-pusaka politik yang ada baik di internal partai maupun ekternal sebagai fondasi kekuatan politik. Sebenarnya konsep maubere-oan milenial dapat dijadikan sebagai pendekatan budaya politik yang holistik untuk membangun kekuatan baru.

Situasi yang saat ini melanda partai, harus dipandang sebagai ujian yang positif. Jika PD dapat melewati ujian ini dengan baik, tentu akan menambah daya juang para militan dan pekerja partai untuk lebih gigih lagi dalam mendongkrak suara pendukung partai.

Sebagai salah satu pendiri PD, saya memiliki harapan dan optimisme yang tinggi, bahwa partai ini akan menjadi partai besar dan hebat, yang akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang tangguh dan membawa Timor-Leste ke puncak kegemilangan. Untuk mencapai semuanya ini dibutuhkan kerja keras, kerja tim dan kerja ekstra. Satu hal yang terpenting pula apakah partai ini sudah on the track menurut ESTATUTO ORGÁNICO Partai Demoktat.****

Selamat kepada para pimpinan Partai Demokrat mulai dari tingkat aldeia hingga nasional, Perempuan Demokrat, Pemuda Demokrat, Profesional Demokrat, Guarda Demokrat, Petani dan Peternak Demokrat, Nelayan Demokrat, LFC, CMEDTL, LTC, SFKL dan Brigada La Sama.

Ita ba PD, 
PD ba Maubere-oan Tomak
10 de Junho 2001
10 de Junho 2020


Sem comentários:

Enviar um comentário

Nota: só um membro deste blogue pode publicar um comentário.