VISAO MISAO OBJECTIVO HAKSESUK BOLA FH KKN HOME FH LPV ARTIGOS FH MUZIKA LIA MENON FH RESPONDE

20071123

Lahirnya ICT di Timor Leste

Pada tanggal 20 november 2007 di Memorial Hall diadakan congress ICT(Information, comunication and technology) timor Leste. Dezenvolve Kapasidade no Profesionalismu iha Area ICThodi suporta Dezenvolvemento Nacional adalah tema yang diangkat dalamkongress tersebut.Begitu banyak orang muda yang antusias untuk hadirdalam kongress tersebut merupakan prestasi tersendiri terlepas dari apa background education para participant. Melalui perdebatan panjangdan pro-kontra diantara peserta tidak menjadikan hambatan dalamkesuksesan kongress tersebut. Dan itulah yang dinamakan belajarberdemokrasi, menghargai perbedaan pendapat dan ide melalui kedewasaan berpikir. Kita juga patut mengucapkan Selamat atas terpilihnya duaorang muda yaitu saudara Abel Pires sebagai Ketua dan SaudaraGuilherme Neves sebagai Sekretaris Jendral periode 2007-2009.
Dengan muncul organisasi ICT tersebut diharapkan menjadi mitra kerja bagi pemertintah dalam hal ini Department IT dibawah kementerianinfrastruktura. Kemitraan bisa berupa:- memberikan masukan kepada pemeritah dalam menimplementasiundang-undang yang mengatur ICT atau Cyber law, hak cipta dan hak intelektual.- Memberikan edukasi dan memepromosikan ICT kepada sekolah-sekolah danmasyarakat awam.- Menjadikan ICT sebagai sarana untuk mengejar ketertinggalan.Timor Leste merupakan negara baru di era globalisasi yang sedang belajar melangkah dan melangkah untuk menerapkan sebuah sistem yangdinamakan ICT. Komputerrisasi disegala sektor merupakan pekerjaanrumah yang tidak gampang dan juga membutuhkan biaya yang tidaksedikit. Namun kita patut berbangga bahwa dengan kondisi yang serba kerkurangan orang Timor Leste tidak kehilangan harapan untuk majuseperti yang di tunjukkan oleh NGO InfoTimor dalam mempromosikanpenggunaan software UBUNTU di Timor Leste.
Dalam pemaparan NGOInfoTimor bahwa Software UBUNTU lebih aman dari ancaman Virus, free software dan antivirus diupdate tanpa koneksi internet dan juga merekatelah melakukan pelatihan disekolah-sekolah serta institusi lainnyadan ada satu hal yang menarik adalah dalam waktu dekat software inisudah bisa pakai bahasa Tetum. Terlepas dari benar atau tidaknya informasi tersebut kita patut mendukungan kegiatan mereka bahwa dalamsituasi serba kekurangan mereka masih bisa melakukan sesuatu untuknegeri ini. Dalam memimpin organisasi seperti ICT, berlatar belakang pendidikan IT tidak menjadi jaminan akan kesuksesan oraganisasi tersebut. Sumberdaya manusia dan aturan yang jelaslah yang sangat menentukan sebuahorganisasi.
Jadi pertanyaan yang selalu ada dalam benak penulis adalahmau dibawah kemana organisasi ICT tersebut?. Kita kuatir jangan-jangan ada unsure kepentingan lain. Maka jangan heran kalau sampai seorangpeserta bertanya ICT ini belum berdiri kok sudah ada kontrak kerjadengan INET/ISP (Internet Service Provider) dalam menyediakan internet gratis bagi mahasiswa jurusanKomputer?. Kita harap jangan sampai kekuatiran itu terjadi karena bagaimanapun Timor Leste membutuhkan generasi muda yang punya idealisme dan jiwa patriotisme dalam membangun negeri ini.

Paulo da Costa
Hakerek na'in hela iha Dili

2 comentários:

  1. UBUNTU ne diak duni mas hu iha duvida oituan kona UPdate laliga ba internet...se hansa ne entaun update ne ita foti husi nebe?? ita foti husi Localhost?? ne impossivel!!! tamba ne hau senti atu update tenek liga ba internet para bele install pakote foun hirak neé!!!

    ResponderEliminar
  2. Diak ba ita boot nia komentario, kona ba Ubuntu nia anti virus atu update la persiza liga internet, tempo neba atu husu duni maibe hau respeita sira nia Congresso entao hau la husu ida. Sei ita boot hakarak hatene liu karik bele husu sira, maibe desculpa hau la hatene sira nia e-mail address ida.

    paul

    ResponderEliminar

Nota: só um membro deste blogue pode publicar um comentário.